Friday, June 25, 2010

childish vs dewasa

Jumat pagi. Ketika Tim italia kalah semalam, dan teman2 saya menangis penuh haru, bahkan ada yang pingsan karena salah makan. Saya terjebak diantara mereka yang tidak mempunyai televisi di rumah masing2. Saya sebenarnya tidak terlalu suka sepakbola, tapi karena TV saya paling besar 46”, bertendalah mereka di kamar saya.


3 hari yang lalu saya kenalan dengan seorang kakak dari teman saya. Duna Anditiya namanya. Dari awal bertemu, sikap pragmatisnya kental terlihat. Memandang saya seperti sebuah barang lelangan di midnight sale. Saya menanggapi hal itu mungkin sekedar dejavu saja. Maklum lelaki seperti saya, memang banyak di kagumi oleh janda2 kaya. Dan tante2 senang. Konon katanya saya ini tipe orang yang pendiam ketika bertemu dengan orang baru, atau kenalan dengan manusia baru di kehidupan saya. Sekedar “jaga image”. itu alasan saya.

Tapi tak lama berkenalan, dia pun berkata kepada saya.

“Hei kamu.. kamu ini kan teman adik saya. Umur kamu sudah tidak muda lagi, kenapa kelakuanmu ini seperti anak baru gede. Membuat tulisan layaknya abg, Childish banget sich ??”

Menunjukan sebuah foto dari novel sayah:



Saya: kaget.terkejut.makan roti selai dengan keju creamy dan pisang coklat.

Oke, itu satu hal yang saya temukan tentang penilaian seseorang terhadap saya.


Kakak angkat saya :

“de, kamu ini kan sudah besar, sudah berumur, tapi bawel dan kelakuan masih saja seperti anak kecil. Kamu ini bikin kakak kesel aja, masa celana thong kakak kamu pakai ?? arrggghhh….”

Oke, ini yang kedua yang saya temui


Papah sayah pejabat Negara yang ga kaya-kaya pun pernah berkata.

“jimmy san, kamuh tahu papah ini sudah tua haa, walau mami masi muda.... papa pengen lihat kamu jadi yang olang belguna haa.. Ga usah yang tinggi2x kamu buka aja toko di glodok, atau kelja sama papa, atau jadi altis haaa.. itu tu kaya pacalnya luna maya.. haaa.. muncul telus di inpotaiment haa..

(maklum papah saya baru pulang dari Taiwan, bersama dengan para pejabat salah satu kementrian di indonesa, logat sipitnya terbawa hingga ke Jakarta).


Iya2.. saya tahu umur saya sudah tidak muda lagi. 17 Juli besok saya genap 24 tahun. Saya belum lulus kuliah, saya belum menikah, dan saya belum mandi saat ini. Saya juga ingin sukses, saya juga ingin hidup bahagia. Tapi bukan berarti saya harus mengganti identitas sayah. Sayah adalah sayah.

Apakah saya childish atau tidak, dewasa atau tidak,pintar atau tidak. Bagi saya itu adalah sebuah perjalanan kedewasaan. Semua orang punya sifat dan karakter berbeda bukan?. Mungkin saya sering melawak, tapi bukan kah menjadi pelawak itu adalah pekerjaan halal. Membuat orang tersenyum pun mendapatkan pahala bukan ??


oke, mungkin maksudnya saya di suruh mencari sosok yang bisa saya kagumi dan saya ikuti jejaknya, contohnya pada beberapa manusia seperti berikut ini:


Afgan

Afgan penyanyi solo terbaik versi SCTV award 2009. Masalahnya suara saya tidak seperti beliau, serak-serak basah dan lebih menuju ancur. Wajah saya yang pas-pas pun menjadi kendala. Saya memang pernah menang lomba menyanyi tingkat keluarahan. Tapi itu lomba khusus untuk anak TK.








Raditya Dika

Penulis buku terkenal ini memang sangat fenomenal. Betapa tidak, buku2nya laris terjual. Dan menjadi best seller. Tapi, apa saya bisa seperti beliau? Tulisan saya saja banyak yang tidak jelas tujuannya. Bahkan terlalu banyak kata-kata atau kalimat tak baku, dan terkesan rancu. Tata bahasa yang jelek, dan applicator huruf yang tidak jelas.







Seperti lagunya bondan prakoso dan feat 2 black “ya sudahlah”, mungkin saya harus terus menggali dan menemukan jadi diri saya sendiri. Mungkin bagus kita punya panutan hidup, atau tokoh yang menjadi inspirasi langkah kita. Tapi menurut saya bukan berarti saya harus mengganti identitas dan jati diri kita sesungguhnya bukan. Bila bukan ya sudah kita cerai. Kita putus. Huh..



Inti cerita :

Jadilah diri anda sendiri.. entah orang kan berkata apa, yang penting kita berdua hidup bahagia bersama mengarungi samudera kehidupan ini bersama-sama… (contoh kalimat ambigu, tidak jelas dan tidak berguna).



Sumber : dari berbagai gossip.

Foto : management artis dadakan yang udah bangkrut

Wardrobe : minjem sama tetangga

Tuesday, June 15, 2010

Tangisan seorang ibu

Pukul 19.58, Di sebuah kafe yang jualan donat bernama jekko.
Beli kopi seharga Rp. 28.500 bonusnya donat telanjang dengan rasa manis yang sangat.
Entah saya kebanyakan duid apa dibodohi oleh iklan? Andalah yang menentukan?



Ketika membaca judul diatas, mungkin sahabat super, teman tapi mesra, pacar gelap gulita, simpanan om2, para pembantu, para mantan pembantu, anaknya pak RT, anaknya bu lurah, atau tante2 asal senang sekalipun pasti akan merasa ikut sedih, iba, bahkan tersentuh hatinya oleh judul diatas. Percayalah, untuk yang kali ini ibalah kepada sayah saja. Bukan apa2 sodara kisah ini terjadi beberapa hari yang lalu ketika saya pergi ke dokter untuk terapi kaki saya.

Seperti biasa angin semilir pagi berhembus lembut, menapaki kepala saya, dan menyentuh dengan halus bagai sebuah sutera. Belaian-nya menghangatkan saya.. setelah di belai, di bukalah baju saya.. ups hadu2 .. jimmy ini cerita hidup lu bukan cerita khusus orang dewasa!!.

Maap sodara, haduh saya jadi ikut2an heboh dengan kasusnya NazRil IlHam..
Jadi begini, hari itu hari senin. Seperti biasa saya hari itu datang ke rumah sakit untuk di lakukan terapi berjalan, kerena sehabis kecelakaan 2 bulan yang lalu. Ketika itu, saya beranikan sendiri untuk datang ke rumah sakit. Ingat loh ya sendiri!!.

Mo bawa motor ga bisa, mo bawa mobil ga punya, mau naik taksi ga punya duid, mau naik ojek bejek, akhirnya pilihan saya terakhir yaitu naik angkod. Kondisi pagi2 jam kerja, dengan supir orang batak(maaf loh sama orang batak) bisa di tebak, tuh angkot jalannya kaya apa. Dengan mobil mikrolet bermesin tua dan rapuh, angkot yang saya tumpangi serasa di bawa lewis hamilton di arena balap F1. Kalau Cuma ngebut sih biasa, tapi kalau sambil di gencet sama penumpang lain di dalam angkot, itu baru namanya penyiksaan. Kasian nasib kaki kiri saya, musti nahan2 nyeri akibat di genjet.

1 jam kemudian saya nyampe di rumah sakit Fatmawati, saya baru sadar. Klinik othopedi saya di bagian dalam rumah sakit, jaraknya sekita 600 meter. Berjalanlah saya, kearah klinik. Belum ada 100 meter tepat di bagian lobi gerbang rumah sakit saya mendengar tangisan. Celingak, celinguk suara darimana.. lalu mata saya menjurus kepada seorang ibu2 tua yang sedang duduk di pagar taman, sambil mengusap matanya. Suara tangisan itu benar-benar dari arah ibu2 itu. Saya yang mempunyai sifat “animinasifalimes” atau bahasa biasanya sensitif dan gampang sedih, atau bahasa gaulnya LEBAY, datang mendekat mencoba mencari tahu apa yang telah terjadi. Ini prolognya:

Sayah: bu apa yang terjadi ?
Ibu2tuaberambutputih: kamu siapa ?
Sayah : sayah jimmy bu, ibu kenapa kok nangis sendirian?
Keluarga ibu dimana ?
Ibu2tuaberambutputih: anak saya,, anak sayaa... hikhikhikk...(nangis makin keras)
Sayah: (bingung, panik,) anaknya kenapa bu ? .........
Ibu2tuaberambutputih: saya ga nemu anak saya...
Sayah: ya udah ,, yuk saya bantu ibu nyari anak ibu
Ibu2tuaberambutputih: kamu tahu anak saya dimana?
Sayah: ga tahu sih, yaudah yuk saya bantu cari.. yuk bu..(garuk2 kepala mikir)
Akhirnya saya bawa ibu2 itu pergi nyari bangsal anak-anak, 300 meter dari tempat kami berdiri, dimana ruangan itu banyak anak yang sakit di rawat. Bodohnya sayah, saya ga nanya tuh ibu2 anaknya umur berapa. Yang saya tanya nama anak itu.
Saya : bu nama anak ibu siapa ?
Ibu2tuaberambutputih: ayub junaidi
Tak lama saya tanya ke bagian operator, eh resepsionis. Tanya kesana kesini ternyata ga ada. Saya pun ngasih tahu ke ibu itu bahwa ga ada nama anaknya. Dan bisa di tebak, tuh ibu2 nangis lagi. Ah, saya masih semangat. Setelah ibu2 yakin anaknya berada di rumah sakit itu akhirnya saya bantu cari kembali. Kamipun menuju ruang informasi utama rumah sakit, mencari nama anaknya. Jaraknya sekitar 200 meteran. Ya ampun jalan lagi, jauh pula. Pincang, nyeri di kaki, gandengan ibu2tua, entah ibu siapa. Sampe di bagian informasi kami pun mencari, lagi2 kali ini gagal. Tak ada nama anak ibu itu. Wah sudahlah patah semangat sayah, sayapun kecapean. Tiba2 dari arah belakang ada seorang pria muda gagah, berbaju putih dan bergigi putih pula.

Laki2gagah : ibu, loh kok ibu disini kami cari2 daritadi??
Ibu2tuaberambutputih: kamu siapa ?
Saya: (double bingung, muka bermimik orang bego) lah anda kenal pak sama ibu ini? Ibu2 ini nyari anaknya?
Laki2gagah: beliau ini ibu saya...
Ibu2tuaberambutputih: anak saya mana ?
Laki2gagah: iya ini saya anak ibu, ayub, ayo ibu nakal ya ..
Sayah: loh sebentar mas, ini tadi ibu2 ini nangis di taman depan, nyari2 anaknya, trus kok dia ga tahu mas.. wah saya bingung (muka saya tambah bego)
Laki2 gagah: maaf ya mas, ibu saya ini punya penyakit pikun mas.. tadi waktu kami lagi ngurus daftar buat ketemu dokter, ibu saya menghilang. Untung mas nemuin ibu sayah..
Sayah: bengong, ga tahu musti ngomong apa.. yang pasti muka saya bego akar kuadrat

10 menit kemudian saya lanjut melangkah ke arah klinik. Jaraknya kini sekitar 400 meter dari lobby utama. Atapiloh... jalan lagi sayah. Saya seret –seret kaki saya ke arah klinik itu, bodo amat sama ni kaki. Saya bener2 cape, lelah. Sesampainya di klinik, daftarin nama, duduk di ruang tunggu, trus ketemu dokter.

Dokter : wah jimmy, kamu kesiangan.. kan biasanya kita ketemu jam 9
Sayah: ceritanya panjang dok..
Dokter: yah udah kita terapi jalan yak di tredmil, 400 meter, naik 100 meter dari kemaren.
Sayah : HAH..!!! (kaget), dok saya izin deh ya .. ga jadi terapi hari ini ..
Dokter : loh .. kenapa ? kamu udah dateng cape2 kemari masa ga jadi ?
Saya : ceritanya panjang dok.. (sambil hela napas panjang2)

Tututut...ringtone lagu anang&syahrini, tanda bokap nelepon
Bokappejabatgakaya-kaya: jim, hari ini terapi jalan yak
Sayah: iyah pah kenapa ?
Bokappejabatgakaya-kaya: ya udah pake mobil papah ajah, papah ga bawa mobil. Kamu kerumah papah. Kunci di titipin sama mami.
Sayah : pah, kenal stephen hawking ga ?
Bokappejabatgakaya-kaya: kaga, mang kenapa ? pejabat juga ?
Saya: bukan, bilangin saya dia ya.. kalau novel tentang mesin waktu bener ada, tolong pinjemnya, sewa kalau perlu.
Tlak... nokia 3310 saya saya matiin.

Inti cerita:
1. Berfikir sebelum bertindak
2. Tanya sesuatu dengan lebih detail
3. Usahakan jangan bersikeras usaha sendiri, karena belum tentu berhasil
4. Jangan di coba di rumah.

Tuesday, June 8, 2010

lagi-lagi jadi mak comblang amatiran ..

rabu, pukul 02:09 pagi di suatu hari yang indah


hari ini benar-benar "T-E-R-L-A-L-U", gimana engga. saya yang baru sembuh ini musti ngesod2 minta2 di pinggir jalan. eh engga deng, amid-amid cambang babeh. maksud ane, kesel banget sayah hari ini gara2 jadi makcomblang. iyak, ini kali kedua saya berkelamin ganda.. halah.. maap maksudnya berprofesi ganda.menjadi makcomblang.
sebenarnya saya ga ada niat mau jadi makcomblang, bukan apa2 saya selain ga "expert" sama yang begituan, saya juga males sok-sok baik hati menjadi peri cinta yang make kostum bak penari balet yang bersayap berwarna pink, ber-bando pink, dan membawa tongkat sulap ukuran 40 cm.. bujug dagh.. yang ada orang pada kaget, mereka kaget ngeliat biang babi bersayap dengan perut membuncit.. hadu hadu...bawa tongkat lagi.. uhuek... bah..

jadi begini ceritana, alkisah ada seorang jomblobasi berjenis kelamin wanita setengah mateng sedang mencari jodoh, yang menjadi perawat saya waktu saya sakit kemaren, sekaligus sepupu sayah, agak jauh sih. hubungan kami seperi ini, jadi kakek saya punya sepupu, sepupunya itu punya kakak, kakaknya punya istri lalu istrinya punya anak, nah anaknya itu nikah sama wanita dari jakarta, trus punya anak, anaknya itu laki-laki, nah laki-laki itu punya adik. dan adiknya itu si perawat tadi. kebetulan si perawat ini pengen di comblangin sama temen sepupu saya, kakaknya si perawat itu. haduh2 la wong yang jadi target temen kakaknya kenapa jadi saya yang comblangin, aneh.
dia pun beralasan
"ya kalau gw minta tolong abang gw, kesannya gampang banget. terlalu di buat banget, pengennya yang mengandung sense of drama gitu ... kayak di pilem2"
hadu-hadu .. kebanyakan nonton sinetron neh cewek.
"ah ga mau gw, inget yak gw ga mau jadi makcomblang. lu bayar gw pake apa juga ga bakal mau gw..!!"
"yah kok gituh .. gini deh .. gw traktir lu makan steak abuba mpe puas, 2 kg gw traktir.. dagh giman...aa"
"setujuh.!!!!..deal..!!"
salaman
(tolong jangan di tiru sikap konsinten pada hal yang inkonsisten)

rabu pagi pada saat pertemuan di margo city
gw ga bisa bawa motor, alhasil icha bawa mobil nyokapnya. gw malu banget, sebenernya gw malu bukan karena yang nyetir cewe. tapi malu gw sama mobil yang di bawa icha, perawat sayah. masa dia bawa mobil Ambulance, udah gitu tulisannya "MOBIL KHUSUS KLINIK BERSALIN ARISMA". hadu2 sarap double. tahu gini gw mending ajak naik taksi dah. akhirnya walau penuh rasa malu, mpe di margo juga sayah.

"yud kenalin ini icha, cha kenalin ini yudi
"hai icha .. bla..bla..."
1 menit 2 menit 3 menit, lama2 gw di tinggal di belakang, mereka berdua jalan di depan gw. mereka keliatan asik ngobrol.
what the ..... !!! oi manusia kapur, ini ada orang yang masih pincang di belakang lo.. hati gw teriak2. pengen treriak beneran ga enak, Mol gitu loch. walau muka sayah udah jelek, tapi saya ga mau jelek2in harga diri saya pake teriak2 di mol. trus akhirnya mereka berdua masuk toko buku. trus mereka asik baca buku di bagian buku2 kesehatan. ya udah saya ga mau ganggu akhirnya saya baca buku di bagian masak2an. feminim yak saya.

buku masaknya bagus2 segala macam masakan ada disitu, walau cuma gambar saya jadi ngiler, tuh buku bikin saya ga bosen bacanya, lebih tepatnya ngeliat gambar makanan doank. 1 menit , 5 menit, 10 menit, 1 jam, and ketebak dunk ... apajadinya. tuh 2 orang babon afrika ngilang, hebatnya disaat genting gitu HP saya yang merek NOKLA X6 limited edition habis batrenya, udah 3 hari gw ga charge. OMAIGOTTTT..... sendirian, pincang, hp mati, perut laper... sempurna...

mikir jim, ayo mikir... yak otak saya yang berkecepatan prosesor intel pentium 3 pun bekerja diantara otak2 manusia yang sudah intel core 2 core atau icore7. jreng, lampu philips warna putih nyala diatas kepala saya. oia margo city kan ada yang namanya "service center NOKLA" ah, bagus. masak numpang ngecharge aja ga bisa. hp saya kan masih garansi. kerena pincang saya putuskan ga naik eskavator, eh eskalator. saya memilih naik lift. di lantai 2, saya menuju ke service center nokla, mpe sana untung sepi. saya cuma dapet antrian nomer 8 daftar antrian udah ke 6, 1 orang lagi. 10 menit kemudian giliran sayah. CS wanita cantik dengan kostum hp nokla warna biru dan ber"rok pendek menyapa saya. kami-pun terbang ke awan .. halah ..

CS rok pendek : iya pak, ada yang bisa kami bantu ?
saya : ( apaa,, sebutan "pak" .... CS itu mengiris hati saya, saya masih mudaaa!!!) iya, mba.. saya butuh bantuan.
CS rok pendek: iya silakan apa pak?
saya: (lagi2 "pak") begini sust, esh mba, hp saya mati batrenya, bisa ga saya numpang ngecharge? saya butuh hp saya hidup karena urgent".
CS rok pendek: wah maaf pak, kami hanya menerima service HP dan pembelian accesorice saja"
saya: kan masih garansi mba ??(yak saya tahu itu pertanyaan bodoh, saya juga sadar)
CS rok pendek: iya pak tetap ga bisa,
saya: bingung, nunduk, pasang muka melas dan menyedihkan.....
CS rok pendek: gini dech gimana kalau saya bantu ngcharge tapi bapak ngisi formulir2 percobaan acesoris model baru, bapak kasih komen, nanti ada hadiahnya, sekalian bapak bisa ngecharge.
saya : setuju.. mana formulirnya ??
akhirnya saya di pindah ke meja resseler acesoris, saya pun nyoba in chargeran model baru. kecil banget kabelnya juga mirip benang.(heran HPnya makin mahal tapi barang2nya malah makin ciut, kesannya murah banget). 1 per 1 formulir saya isi, tapi lama2 formulirnya makin banyak, ya ampun pegel tangan sayah. 35 menit kemudian, yess.. done. chargeran saya setengah penuh, lumayan bisa buat nelpon. akhirnya saya keluar dari ruangan dan buru2 nelpon icha, saya liat udah jam 16.49 sore. ada 5 sms baru masuk di inbox saya, dan ketebak isinya dari icha semua. gapake2 baca saya telp icha langsung,
saya : eh bohay, lu dimana ??? gw di tinggal aja parah lu ..!!!
icha : lah bukannya elu dah pulang ?? gw kira ini sebagian dari siasatlu biar gw sama yudi bisa ber2an. abis HP lu juga mati ga bisa di telp.
saya: siasat dari hongkong, HP gw abis baterenya.. lu dimana sekarang ?
icha : yah gw dah di senayan ciy, ni lagi makan
saya: hah.. aji gile.. parah masa gw lu tinggal, lu makan lagi di senayan.
icha : ya udah maap napa sih, sorry2 lu sih lagian HP mati.. ya udah lu pulang aja nanti gw bawain oleh2. lu pulang naik taksi aja ntar gw ganti ongkosnya. gw lebihin deh , sebgai penganti pengorbanan lu ke gw
sayah: trus mobil ambulance lu gimana??
icha : biarin aja tar malem gw ambil, margo city buka ampe jam 12 malem ini.
saya hanya bisa napas panjang, rasanya pengen jedotin jidat ke pantat kebo. pluk2.. eh.. ada yang senggol pundak sayah.. dan ternyta si mba2 berok pendek tadi.

CS rok pendek : maaf anda lupa tadi bawa hadiahnya ya? ini ada voucher makan untuk 2 orang di "susi tea" (sunda amat, padahal bahasa jepang).
saya: "oh .. ada hadiahnya ya voucher lagi, kebetyulan saya juga lapar, eh mba nya kenapa bawa tas..?? "
CS rok pendek: " kan udah jam 5 sore, udah waktunya pulang"
saya: "ooo gituh , makasih ya mba. oia kebetulan karena saya dapet 2 voucher, mba mau ga saya traktir..??"
CS rok pendek: "wah boleh emang, saya sih ga nolak kalau di traktir.. pak"
saya:"ah jangan panggil pak dunk, panggil saya jimmy aja. saya vocalis baru kerispatih loch.. blablabla.. endeboy..endeboy.." kami bedua pun ke susi tea.

lumayan walau hari ini bete banget gara2 jadi mak comblang tapi paling engga saya dapet temen baru, cewe muda belia. CS hape nokla margo city.
seperti kata federick ramunsen pemain bola asal jerman tahun 90an dia bilang "dimana ada laut yang keruh, disitu tersimpan mutiara untuk kita simpan" ga nyambung sih, biar di bilang pinter ajah. udah ah .. gila gw nulis ampe azan subuh gini.
oke teman2 mpe ketemu lagi di acara SIJIMMON-DUDUL.
wasalam.

oia next time saya mau nulis tentang arti "dudulisme" dan para anggotanya. di tunggu yak.

Friday, June 4, 2010

10 tips untuk anda tersenyum

Pukul 06.17 hari jumat tanggal 04-06-2010€
Pagi hari yang menyenangkan. Ketika sedang melamun , memikirkan bagaimana caranya agar bisa cepet kaya… hahahahaha… I will .. I will… !!!

Oia jangan cakap “kalau mo ceped kaya, ngepet ajah jim”. Brubah bentuk jadi babi ngesot, eh babi ngeped deng, yang larinya kenceng banget, trus bisa ambil duid tanpa ketahuan. Percayalah..!! saya bukan tipe orang yang cocok dengan pekerjaan itu.

Di pagi hari yang menyenangkan ini saya akan memberikan anda 10 tips agar anda terhindar dari babi ngeped yang merugikan eh maaf, maksud saya dari kesedihan yang melanda. Untuk itu saya beri judul yang pendek-pendek saja. Maklum irit bandwitch.

10 cara untuk membuat anda tersenyum tapi tidak menimbulkan efek gila.
(kayanya kepanjangan yak, buat sebuah judul)

Dan tips2nya adala sebagai berikut:
Yang harus di lakukan :

1. Cobalah anda dekat-dekat dengan orang yang suka becanda, dan membuat anda tertawa terpingkal-pingkal, entah itu pelawak, artis komedi, atau calon bupati yang sering tampil “liar” di internet, maupun acara di tipi.
2. Nontonlah Film komedi dan lucu, tapi yang terbaru ya, kalau lama juga bosen.
3. Nontonlah sirkus di arena-arena terdekat, kalau ga ada bisa di ganti dengan menyuruh teman yang punya hewan kesayangan untuk beguiling-guling atau atraksi berjalan diatas tali. Eh, ada salah kayanya ??
4. Dengerin radio yang ada acara ngelawaknya. Kaya radio jaman dulu, atau radio suara janda.
5. Baca buku harian jaman tk, sd, smp, atau sma, atau komik lucu, atau novel kucu. Kalau anda ga bisa baca, sekolah dulu ya kejar paket A atau B. jangan kejar tayang ajah.
6. Tulislah kisah menarik anda beberapa tahun yang lalu, atau momen unik anda. Misal : waktu anda di kejar-kejar orang gila, atau di kejar2 waria di pinggir lampu merah.
7. Buka album foto anda, liat muka jelek dengan gaya lama anda, missal waktu kaca mata anda segede alaihim, kawat gigi anda lebar, hidung anda masih pesek, atau rambut anda gaia ala sarang tawon.
8. buka internet, trus chating dengan teman-teman baru, pacar baru atau selingkuhan baru. Ups.. yang terakhir di ralat maap pemirsa.
9. lihat ke cermin trus bikin muka-muka bego, aneh, pokoknya yang jelek2, walau saya tahu anda biar gimana2 juga udah jelek.
10. Terakhir buka blog orang-orang yang unik, seru, dan montok2 seperti saya. Baca kisah lucu mereka. Kalau ga punya segera bikin, daftar dulu di RT / RW terdekat.

Yang tidak boleh di lakukan :
1. Jangan deket2 orang yang lagi menstruasi, lagi banyak utang, dan lagi stress di tinggal pacar.
2. Jangan nonton film horror, atau kisah setan2 yang rumahnya di gusur. Atau nonton film bokep alias porno, karena efek sampingnya “Berbahaya”.
3. Dengerin nyokap ngomel karena bahan bangunan, eh bahan pokok kita makin mahal, beras mahal, dan kosmetik makin mahal. Atau dengerin ocehan bokap tentang BBM naik dan tariff dasar listrik naik.
4. Jangan dengerin iklan di radio atau TV bahwa ada diskon gede2an, trus belanja tapi ga jelas mo beli apa, apalagi kalau situasinya lagi cekak.
5. Jangan inget2 kejadian waktu di putusin pacar, di omelin guru, di setrap dosen, sama inget2 ga menang undian berhadiah.
6. Jangan ngejekin artis kaya kangen band, misal bilang “muka jelek kok jadi penyanyi”. Bukan apa2 tar jadi suka lagi. Trus ngepans deh. Ngepans juga gapapa sih, ga usah nyangkal.
7. Jangan mandangin foto mantan pacar, apalagi kalau foto mantan-nya banyak dan beda2 mukanya. Misal : Ada muka badak, ada muka kambing, ada muka tembok.
8. Buka situs berita politik sama situs porno (walau kadang bikin seneng malah), cuma takutnya malah jadi ga bisa diem ntar. Gelisah. Trus akhirnya mengurung diri di dalam kamar mandi, keluar2 rambut acak2an.
9. Jangan bercermin trus ngarepin di cermin tuh muka artis beken, atau cowo keren yang ganteng, atau cewe cantik kaya artis sinetron. Iya kalau cakep kalau yang di liat muka kingkong, atau dayang lembu, kan makin stress anda.
10. Terakhir, jangan buka blog yang isinya iklan sama mimpi2 yang sering mengandung judul atau slogan “kaya dalam 1 hari melalui blog”.. atau blog khusus MLM buat jualin penumbuh bulu ketek, atau blog dengan tulisan dari Negara lain yang asing bagi kita, bukan apa2 yang ada anda melongo diem, karena ga bisa baca.

Tuh dia 10 tips dan 10 cara menghindarinya, semuanya agar bisa membuat anda tersenyum sendiri-sendiri. Ya mudah2an ini cocok bagi anda yang lagi stress mikirin utang, yang lagi bosen sama hidup anda, baru putus sama pacarnya, baru di PHK, baru di DO, atau baru hamil 3 bulan trus pacar anda kabur dengan janda lain (sinetron mode on).

Semoga tips berguna bagi anda.
Salam saya, buanglah sampah pada tempatnya, dan hargailah orang tua yang berdiri ketika anda duduk, dan bantulah ibu2 hamil dengan prinsip “utamakan ibu hamil”. (mirip stiker pamphlet di busway).
Udah ah lama-lama jayus, mending saya minum JayUS melon atau JayUS mangga.
Sekian, dan terima kasih.(no change).