Thursday, May 14, 2009

Orang Bilang Saya Monyet..

Jakarta sehabis makan sate kambing di sebelah kantor pusat, sambil megang2 bibir.. kepedesan...(gag penting) 14 mei 2009 pukul: 14:23



sebelumnya saya asumsikan anda adalah sebagai berikut :

1. anda adalah seorang manusia
2. anda masih bisa berfikir rasional
3. anda dapat membaca dengan baik dan benar
3. anda tidak mempunyai penyakit yang menular
4. anda tidak sedang mengalami gejala autish
5. anda tidak sedang merokok di tempat umum

saya sering memulai postingan saya dengan kata .. Dulu .. waktu saya masih .. atau suatu hari.. selalu sajah saya melihat jauh ke belakang yang kadang saya pikir saya sendiri sudah lupa akan hal itu. bukan apa-apa, kadang dengan kita sering melihat kebelakang kita akan belajar dan siap menghadapi masa depan.

trus.. jim..
sebelumnya saya minta maaf jarang posting.. lagi "nyandu" pesbuk, ga tahu kenapa mungkin gara2 saya engga "gaul" makanya sayah terus-terusan membuka profile pesbuk sayah setiap sayah onlen ... atau mungkin memang sayahnya yang narsis mungkin.

saya sedang berpikir tentang peradaban manusia .. kadang sayah sering terguncang syok, apabila mendengar apa lagi melihat dengan mata kepala saya sendiri mengenai tragedi ataupun peristiwa yang terjadi di sekitar saya, kebanyakan itu semua di luar kebiadaban sayah sebagai manusia yang beberadab. pernah mendengar, "sop bayi", "pemakan bangkai manusia", "pembunuh 29 nenek2", "orang tua nikah sama anak kandungnya".. pembunuhan masal, perang, narsis pede terus, foto2an dimana-mana, makan geratis di pesta perkawinan, numpang ngenet di mall2.. loh kok jadi kebiasaan jelek sayah ...

saya sangat sedih dengan keadaan bangsa sayah ini .. ketika sedang berpesta pora dengan demokrasi pemilihan umum, dan juga pemilihan presiden .. ternyata ada kesedihan yang mendalam di beberapa wilayah di indonesia, ada berita mengenai warga yang kurang gizi , dan ada beberapa contohnya, seperti ini waria kelaparan akhirnya curi kerupuk, pertambahan kemiskinan akibat menjadi pengganguran di karenakan PHK masal 14000 orang dalam 1 minggu, banjir dimana-mana setelah kejadian di situ gintung, dan juga penyakit autish yang cepat menyebar seperti flu babi yang melanda dunia baru-baru ini.

saya ingat waktu saya pernah bermain pensi waktu SMA dulu, waktu itu saya dan teman-teman berlakon kisah tentang pewayangan .. yang berjudul ramah dan sintah ,,, saya yang bertubuh kekar waktu itu, dengan wajah yang lumayan daripada lumanyun.. mendapatkan peran yang sangat bagus.. seorang arjuna bernama ramah, ooO tentu bukan ... sayah mendapatkan peran yang lebih baik dari itu.. yaitu Hanoman. yupz hanoman, lucunya, pertama kali saya mendapatkan peran itu saya senang sekali, karena saya sendiri belum pernah melihat atau menonton pewayangan. apa yang disebut wayang sajah sayah belum tahu .. dan pertama kali saya di pilih sebgai pemeran hanoman, yang ada di pikiran saya adalah seorang pria dengan perisai dan panah dengan busurnya. hanoman ( Manusia Hano) itu yang ada di pikiran sayah, mungkin karena kebanyakan nonton film luar negeri yang berbelakang "man" seperti, superman, batman, wonderwoman, catwoman, richman dan gaban.

"jim, kamu jadi monyet ya ?"
"hah.. "?? bingung
"jimmy kamu kok jadi monyet di pensi..??"
"hoh ??" tambah bingung..

yupz.. orang bilang saya monyet.. padahal mereka sebenarnya tidak mengetahui bahwa lakon yang saya mainkan ini begitu penting, begitu istimewa.. saking istimewanya pernah jadi icon PON 14 di jakarta tahun 1995 dulu..
tapi benar sajah, pas saya di berikan kostumnya .. barulah saya sadar ternyata .. apa yang mereka bilang itu benar walau dari segi penampilan.. ternyata hanoman itu bukan seekor monyet, tapi kera (apa bedanya..??) kera berwarna putih... awalnya saya menjadi stress kok bisa jadi begini ya .. putus asa.. sambil nyanyi2 lagu kangen band.. halaahh lebai..
namun setelah iklas dengan apa yang saya dapatkan .. akhirnya saya mainkan lakon saya.. dengan penuh tanggung jawab dan juga etika ber-drama yang baik dan benar..

dan ternyata setelah saya bermain lakon tersebut ada yang bisa saya dapatkan hikmahnya ..
Dalam dunia pewayangan tokoh yang memiliki karakter intelijen dan juga abdi negara yang terbukti handal adalah Hanoman yang memiliki kecerdasan, kecerdikan, wawasan yang luas, mawas diri dan kemampuan menghimpun semua data musuh. Berkat hanoman, pasukan Ramawijaya berhasil mengalahkan Kerajaan Alengka pimpinan Rahwana yang merupakan kerajaan paling kuat di jagat pewayangan.. apalagi dia mempunyai kehebatan yaitu kebal segala senjata, yang membuatnya tak bisa mati hanya jika dia mau.. cianjrin kalau ga salah sih .. gituh tulisannya..

dan berbagai karakter-nya itulah yang membuat saya suka ..
* tidak pernah berpikir untuk mengutamakan kepentingan pribadinya.
* memiliki kekuatan pemipikiran yang luar biasa tajam
* tidak munafik
* jujur dan juga mempunyai jiwa yang tegar dan pemberani

kalau boleh jujur.. sampai sekarang saya masih nge-fans loh sama tokoh hanoman .. tapi bukan hanoman versi saya waktu dulu yang dudul berfikir hanoman itu manusia hano. jadi, walaupun saya di bilang monyet, atau saya kera, saya fikir itu tak masalah, karena saya hanya ingin bermain seni, seni yang saya lakoni pun saya sukai.. coba saja anda membaca cerita2 ramayana atau cerita pewayangan pasti anda akan lebih tertarik. coba sajah..

3 comments:

tikabanget™ said...

jimmy..
bukannya ini cita-citamu sejak dulu kala?
jadi monyet?

wi3nd said...

jimmon da balik yaaa.. ??

kirain tadi mu bahas noveLna jenaR mahesa.. :)

umm..n9omon9in rAMaYana jadi in9et seriaLna duyu jimm..
selain jadi maskoT di PON,hanoMAN ju9a jadi maskot sea9ames 19 dijkT loch jimm,Luccuuu.

dLm setiap tokohnya mreka punya karakter yan9 kuat ya jimm...

Dunia Polar said...

gpp jd monyet, monyet kan ciptaan tuhan,hohoho